Tips Menghemat Bensin Agar Mobil Tetap Irit

Tips Menghemat Bensin Agar Mobil Tetap Irit

Naiknya harga BBM memang terkadang membuat pusing. Untuk itu sebagai pengguna kendaraan, menghemat bensin adalah langkah yang tepat. Apa saja tipsnya?

seva.id

Perawatan mobil sudah mahal, kini harus ditambah lagi pengeluarannya karena harga bahan bakar minyak yang bikin sakit kepala. Tentunya pemakaian bahan bakar adalah suatu hal penting untuk diperhatikan. Semua pengguna mobil memimpikan kendaraannya irit bensin agar tidak mengeluarkan biaya terlalu banyak, namun pemakaian mobil yang masih asal-asalan bisa mempengaruhi habisnya bahan bakar juga, lho!

Selain karena spesifikasi kendaraan, iritnya mobil bisa juga dipengaruhi oleh gaya berkendara. Apakah pengendara mobil suka ugal-ugalan? Atau apakah mobil sering ditinggal diam? Semua akan mempengaruhi iritnya bahan bakar mobil. Lalu bagaimana untuk menghemat bahan bakar agar selalu irit dan awet? Berikut beberapa tipsnya!

1. Penggunaan AC mobil

Hal sederhana tapi dapat menghemat banyak bahan bakar adalah dengan menggunakan AC secara efektif. Tentunya setiap pengguna mobil ingin merasa nyaman dan sejuk di dalam. Apalagi saat musim panas, menyalakan AC adalah keharusan. Padahal AC adalah komponen mobil yang mengambil tenaga mesin cukup banyak untuk menjalankan kompresor.

Anda bisa menghemat bahan bakar dengan menyalakan AC setelah semua udara panas di mobil. Panaskan mobil dengan AC yang tidak menyala, sehingga Anda bisa menghemat pemakaian bensin.

2. Kecepatan mobil diperhatikan

Jika Anda suka mengebut ketika berkendara, Anda harus tahu kalau penggunaan mobil dengan kecepatan di atas kecepatan normal bisa mengurangi bahan bakar. Laju kendaraan yang cepat akan memerlukan banyak bensin untuk dapat bekerja dengan maksimal. Maka dari itu untuk menjaga agar kendaraan Anda tetap irit, berkendaralah di kecepatan normal 60-80 km/jam.

3. Tekanan angin pada ban kendaraan

Salah satu hal yang harus diperhatikan jika ingin kendaraan Anda tetap irit adalah dengan memeriksa tekanan angin secara berkala. Permukaan ban akan menopang kendaraan tersebut yang disebut dengan tekanan gulir. Jika tekanan anginnya kurang, maka tekanan gulir yang dikeluarkan akan lebih besar sehingga kendaraan akan cepat boros. Makanya, penting untuk selalu memeriksa tekanan angin pada ban dan ban cadangan Anda.

4. Putaran mesin

Selain tekanan angin, pengguna kendaraan juga perlu paham akan putaran mobil. Agar kendaraan selalu irit, pengendara harus menjaga putaran kendaraannya agar tetap pada putaran rendah. Karena semakin tinggi putaran mesin atau RPM-nya, maka semakin banyak pula bahan bakar yang diambil. Hasilnya, kendaraan Anda akan menjadi boros dan pengeluaran untuk bahan bakar akan menjadi lebih banyak.

5. Hindari rem mendadak

Walaupun kasus ini sering sekali terjadi, namun pengereman secara tiba-tiba dapat mengurangi bahan bakar dalam kendaraan. Pengguna kendaraan tentunya harus selalu menjaga kecepatan laju transportasinya agar tetap stabil agar menghindari adanya akselerasi atau pengereman mendadak.

6. Servis secara berkala

Melakukan servis berkala pada waktunya bisa menghemat bahan bakar kendaraan. Apalagi setelah jual beli mobil baru, Anda bisa segera membawa mobil ke bengkel untuk dicek setelah menempuh 1000 km. Dengan melakukan servis ini, kendaraan Anda tentunya akan diperiksa bila ada kerusakan-kerusakan, juga memastikan apakah seluruh komponen mobil dalam kondisi baik termasuk bahan bakarnya. Jika ada yang bermasalah, maka mobil Anda akan diperbaiki oleh ahlinya. Itulah beberapa tips untuk menghemat bahan bakar kendaraan. Pastinya performa mobil akan lebih maksimal jika keadaannya masih baru. Membeli mobil kini sudah mudah, hanya dengan ketukan jari saja di SEVA. Platform beli mobil yang menawarkan beragam kemudahan seperti Instant Approval yang memeriksa dahulu kemampuan finansial sebelum mobil dikirim ke Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *