Let’s Learn Microsoft Word

Microsoft Word

Pengertian Microsoft word adalah aplikasi pengolah kata (word processor) yang dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen, teks atau tulisan. Contohnya seperti pembuatan laporan, buku, makalah, jurnal dll.

Dalam definisi lain, Microsoft word adalah software yang berfungsi untuk membuat, mengedit dan memformat data dalam bentuk dokumen yang hasilnya bisa disimpan dalam bentuk softcopy (file) ataupun hardcopy (hasil print).

Microsoft word mempunyai beragam fitur yang dapat membantu kebutuhan para penggunanya. selain masukan huruf dan angka, word juga mendukung penggunaan gambar, tabel, word art, penomoran halaman dan format keluaran file yang beragam mulai dar .txt sampai format pdf.

Microsoft Word by Yuditra Farmana

source: salamadian.com

Microsoft Word kayaknya bukan sesuatu yang asing lagi buat kamu. Ini adalah aplikasi untuk kegiatan tulis menulis. Mulai dari menulis laporan, proposal, artikel, sampai nulis cerita, semuanya bisa.

Nggak cuma itu, kamu bahkan bisa bikin resume dan brosur menggunakan aplikasi ini. Produk Microsoft yang satu ini telah digunakan oleh 1,3 miliar orang, lho. Nggak heran, sih, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pebisnis, sampai pekerja kantoran pasti pernah menggunakannya. Bahkan, mahir menggunakan Microsoft Word biasanya jadi salah satu requirements di lowongan pekerjaan.

Ada banyak tools, tab, dan bagian-bagian dari Microsoft Word. Agar pekerjaanmu jadi lebih mudah, tentunya kamu harus tahu fungsi dan cara menggunakan masing-masing toolsnya. Untuk bikin dokumen baru, mengedit dan melakukan formatting.

“Duh, kalo banyak gitu pasti ribet dan susah buat ngingetnya, deh.”

Eits, tenang, belajar Microsoft Word nggak sesulit itu, kok. Apalagi ada shortcut yang bisa bikin belajar jadi lebih mudah. Karena itu, yuk belajar bareng! Oh iya, dalam artikel ini yang dipakai Microsoft Word 365. Tenang aja, tampilannya mirip-mirip, kok.

1. Mengatur ukuran margin

Margin adalah ukuran tepi di lembar kerja Microsoft Word. Ini terdiri dari batas atas, bawah, kanan, dan kiri. Biasanya ketika membuka lembar kerja baru, margin kertas telah diatur secara otomatis. Tapi tenang, kamu bisa mengubah ukurannya sesuai dengan yang kamu mau.

cara mengatur margin

Caranya, kamu pilih tab Layout, klik Margins, lalu pilih ukurannya. Kalau ukuran yang kamu mau nggak ada, pilih Custom Margins untuk mengatur margin dengan memasukkan ukuran batas atas, kanan, kiri, dan bawah.

2. Mengubah ukuran dan jenis font

Microsoft Word menyediakan banyak jenis font yang bisa kamu pilih. Cara mengubahnya, kamu harus blok teks yang ingin diubah fontnya, lalu  klik tab Home > Jenis font. Sebelum di klik, kamu bisa melihat preview-nya dulu di lembar kerja.

cara mengubah jenis font

Nah, kalau untuk mengatur ukuran font, masih di tab Home, lalu pilih Font Size yang letaknya persis di sebelah kanan jenis font. Kalau ukurannya kurang pas, kamu juga bisa klik Increase atau Decrease Font Size yang ada di sebelah font size. Shortcutnya, CTRL + ] atau CTRL + [.

cara mengatur ukuran font

3. Mengatur spasi antar baris

Jarak atau spasi antar baris bisa kamu ubah-ubah sesuai kebutuhan agar dokumen terlihat rapi dan nyaman untuk dibaca. Cara mengaturnya, pertama blok paragraf yang akan diatur spasinya, klik tab Home, lalu pilih Line and Paragraph Spacing.

cara mengatur spasi antar baris

Microsoft Word sudah menyediakan ukuran mulai dari 1 sampai dengan 3, tapi kalau ukurannya kurang sesuai, kamu bisa klik Line Spacing Options untuk mengatur spasi baris dengan memasukkan angka yang kamu inginkan.

4. Mengubah ukuran kertas

Microsoft Word memiliki beberapa ukuran kertas yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Cara memilih atau mengubah ukuran kertas, kamu bisa klik tab Layout > Size. Lalu kamu bisa langsung memilih ukuran kertas yang sesuai.

cara mengubah ukuran kertas

Kamu juga bisa membuat ukuran kertas secara custom, di bawah pilihan ukuran kertas ada pilihan More Paper Sizes, lalu masukkan ukuran kertas berdasarkan lebar dan juga tingginya.

5. Mengubah orientasi kertas

Ada dua jenis orientasi kertas di dalam Microsoft Word, yaitu landscape dan juga portraitPortrait ukuran kertasnya memanjang ke bawah atau berdiri, kalau landscape kertasnya memanjang ke samping.

cara mengubah orientasi kertas

Cara mengatur orientasi kertas ini, kamu bisa ke tab Layout > Orientation. Lalu pilih salah satu sesuai dengan kebutuhan atau keinginan.

6. Cara membuat tabel di Word

Data bisa disajikan dalam berbagai bentuk. Salah satunya dengan tabel. Jadi kamu bisa membuat tabel sederhana di Microsoft Word yang bisa kamu sesuaikan kegunaanya.

cara membuat tabel

Pertama, klik tab Insert lalu pilih Table. Pilih jumlah baris dan kolom sesuai dengan yang kamu inginkan. Kalau jumlahnya masih kurang, kamu bisa pilih Insert Table, lalu masukkan jumlah baris dan kolomnya.

7. Change case

Ini digunakan untuk mengatur penggunaan huruf kapital pada kata atau kalimat. Misalnya, kamu mau mengubah tulisan “mengubah ukuran dan jenis font” menjadi “MENGUBAH UKURAN DAN JENIS FONT” tanpa harus mengganti satu per-satu.

Caranya, pertama, blok teks yang akan diformat, klik tab Home, lalu pilih Change Case yang logonya Aa. Lalu pilih Uppercase.

cara menggunakan change case

Ada 5 case yang bisa kamu pilih. Sentence case untuk kapital di setiap awal kalimat atau setelah titik. Lowercase untuk membuat teks dengan huruf kecil semuanya. UPPERCASE, membuat teks dengan huruf besar atau kapital semua. Capitalize Each Word untuk membuat huruf kapital di setiap awal kata. Dan tOGGLE cASE untuk menggunakan huruf kapital di seluruh kata atau kalimat kecuali huruf pertama.

8. Memasukkan gambar

Selain membuat tabel, kamu juga bisa memasukkan gambar dengan berbagai format di Microsoft Word. Seperti JPG, PNG, atau GIF. Caranya, pilih tab Insert, lalu klik Picture. Setelah itu, kamu bisa memilih gambar yang ingin kamu masukkan dari laptop atau komputer. 

cara memasukkan gambar

9. Membuat header dan footer

Kamu bisa membuat catatan atau tulisan tertentu dengan menggunakan header atau footer. Header untuk catatan di bagian atas dan footer untuk bagian bawah. Catatan ini akan muncul di setiap halaman. Selain teks, kamu juga bisa memasukkan gambar di header dan footer atau menjadikannya untuk penomoran halaman.

cara membuat header

Cara membuatnya, pertama klik tab Insert, lalu pilih Header. Setelah itu, pilih style header yang paling kamu suka. Kamu juga bisa melihat pilihan header lainnya di More Header from Office.com. Setelah itu, isi header dengan tulisan yang kamu mau.

cara membuat footer

Sama dengan tahapan membuat header, untuk membuat footer, klik tab Insert lalu pilih Footer. Pilih style yang kamu suka, dan isi teksnya.

10. Cara memberi halaman pada Word

Seperti namanya, page number ini fungsinya memberi nomor pada halaman. Kamu bisa menaruh nomor halaman di bagian atas, bawah, kiri, atau kanan dokumen.

cara membuat nomor halaman

Caranya, klik tab Insert, lalu pilih Page Number. Lalu pilih di mana ingin meletakkan nomor halaman, dan pilih style yang paling sesuai atau kamu senangi.

11. Menambahkan atau mengubah warna isian pada tabel

Pilih sel yang ingin Anda tambahkan atau ubah warna isiannya.
Pada tab Desain Tabel, klik panah di samping Bayangan.
Klik warna yang Anda inginkan dari Warna Tema atau Warna Standar,atau klik Warna Isian Lainnya.

Cuplikan layar memperlihatkan tab Desain Tabel tempat panah turun bawah Bayangan dipilih untuk memperlihatkan opsi yang tersedia termasuk Tanpa Isian, Warna Tema, Warna Standar, Warna Isian Lainnya, Gambar, Gradien, Tekstur, dan Latar Belakang Tabel.

12. Cara Membuat Titik-Titik Daftar Isi Secara Otomatis

Blok seluruh teks pada bagian daftar isi yang ingin diberi tanda titik-titik. Klik Kanan Lalu Pilih Paragraph
Kemudian, klik kanan pada bagian teks yang telah diblok sebelumnya, serta pilih menu berupa Paragraph.

Selanjutnya, klik tombol Tabs yang ada di bagian pojok kiri bawah lembar kerja.
Kemudian atur lebar halaman kerja pada bagian Tabs Stop Position. Setelah itu, pada bagian Alignment, pilihlah Right. Sedangkan pada bagian Leader pilih 2…. Kemudian klik Set serta klik Ok untuk langkah berikutnya

Letakkan kursor yang ingin diisi dengan memakai titik-titik kemudian klik tombol Tab. Setelah menekannya, kamu dapat memulai untuk mengisinya menggunakan angka sebagai bentuk tanda lembar halaman.

Bonus, nih buat kamu. Ada 18 shortcut yang akan sering kamu pakai saat menggunakan Microsoft Word. 

shortcut microsoft word

Source: Blog Skill Academy

1. Mengatur Page Setup dan Margin

Page Setup atau pengaturan halaman memungkinkan kita untuk mengatur bagaimana bentuk halaman dimana kita akan membuat dokumen. Dalam mengaturnya, kita akan menggunakan satuan yang sebelumnya kita atur menjadi centimeter. Dalam mengatur ukuran halaman atau dokumen, ada istilah yang dinamakan Margin, dimana kita bisa mengatur berapa jarak yang kita butuhkan dari ujung halaman hingga isi dokumennya.

Margin Word

Kalau anda bingung dengan margin, gambar diatas akan menghilangkan kebingungan anda. Margin bisa anda atur di 4 tempat. Margin atas (1), margin kiri (2), dan margin kanan (3), serta margin bawah semuanya bisa kita atur. Secara bawaan, margin-margin ini memiliki ukuran sebesar 2,54 cm di setiap sisinya. Tergantung dari jenis dokumen yang anda buat, biasanya kita diminta untuk mengatur margin terlebih dahulu sebelum kita mulai membuatnya.

Mengatur Margin Word

Untuk mengubah ukuran margin, klik tab “Layout” (1) dan klik icon kecil disamping tulisan “Page Setup” (2). Pada bagian margin, silahkan pilih bagian mana yang ingin anda ubah ukurannya. Sebagai contoh, penulis akan mengubah ukuran margin top/atas sebesar 5 cm (3). Selain margin, anda juga bisa mengatur Orientasi, apakah memanjang/Portrait maupun melebar/Landscape (4). Jika sudah, klik OK.

Mengubah Jenis Kertas Word

Selain ukuran margin, kita juga bisa mengatur jenis kertasnya. Kita perlu mengatur ini karena harus di sesuaikan ketika anda ingin mencetak dokumen. Tentu anda bisa mengaturnya belakangan dan tidak perlu harus diatur sekarang. Untuk mengubahnya, klik tab “Paper” (1) dan silahkan anda pilih jenis kertasnya di “Paper Size” (2).

Pengembangan dan Latihan: Tidak semua jenis atau ukuran kertas tersedia di Word. Silahkan anda coba untuk membuat ukuran kertas baru, misalnya saja jenis kertas F4 dengan ukuran 21 cm x 33 cm.

2. Pengelolaan paragraf

Paragraf adalah sebuah blok yang berisi beberapa kalimat dan berfungsi untuk memberikan jeda baca, sehingga semakin mudah orang membaca dokumen yang kita buat. Paragraf menjadi fokus utama kita di langkah pertama ini karena kebanyakan dokumen yang akan kita buat seperti proposal dan apalagi buku, paragraf tidak akan lepas dari perhatian.

Ketika anda mulai mengetik, maka anda mengetik di paragraf pertama. Untuk membuat paragraf baru, cukup tekan enter di keyboard anda dan mulai mengetik untuk paragraf kedua.

Pengaturan Paragraf Word

Untuk mengatur paragraf, klik sekali terlebih dahulu paragraf yang ingin anda ubah. Kemudian, klik tab “Home” (1) dan klik icon kecil disamping kanan “Paragraph” (2). Anda bisa memilih alignment (3) untuk mengatur arah tulisan paragraf. Indentation (4) berguna untuk memberikan jarak paragraf dari margin kiri dan kanan.Jika anda ingin menambahkan indent hanya di baris pertama saja, gunakan “First line” (5) dan anda bisa mengatur berapa jarak indent-nya. Spacing (6) digunakan untuk mengatur jarak sebelum/before paragraf dan setelah/after paragraf. Klik OK jika sudah. Hasilnya sudah penulis terapkan seperti gambar diatas.

Pengembangan dan Latihan: Silahkan anda lakukan lagi cara diatas, namun ubah hanya 2 paragraf saja. Anda perlu menyeleksinya terlebih dahulu agar bisa melakukan hal ini.

3. Menggunakan Page Break

Ruang Kosong Membuat Halaman Baru Word

Penulis menggunakan paragraf yang dibuat secara otomatis untuk tutorial ini. Cara membuatnya di Word adalah ketik “=rand()” dan tekan enter di keyboard anda!

Microsoft Word secara otomatis membuat halaman baru ketika halaman pertama anda tidak cukup menampung tulisan dokumen anda. Tapi terkadang ketika kita membuat dokumen, anda ingin membuat halaman baru walaupun di halaman sebelumnya masih ada tempat menulis. Contoh paling mudahnya adalah ketika anda membuat proposal, anda ingin membuat halaman baru namun halaman sebelumnya masih belum penuh.

Banyak sekali orang yang sudah lama menggunakan Microsoft Word namun belum bisa membuat halaman baru dengan cara yang benar. Banyak orang menekan tombol enter berulang kali jika masih tersisa jarak di halaman lama untuk membuat halaman baru. Hal ini adalah cara yang salah.

Alasan cara tersebut salah adalah akan sulit untuk mengatur paragraf ketika anda ingin menambahkan tulisan lagi di halaman tersebut. Tentu hasil enter berulang kali tersebut akan turun dan mengenai paragraf-paragraf lainnya dibawah. Lalu, bagaimana membuat halaman baru yang benar?

Menggunakan Page Break Word

Seperti animasi diatas, cara yang benar adalah dengan menekan tab “Insert”, kemudian klik bagian “Pages” dan klik “Page Break”. Dengan cara ini, anda tidak perlu khawatir ketika tiba-tiba anda menambah tulisan di halaman sebelumnya. Word secara otomatis mengisi yang ruang kosong tanpa perlu tulisan setelahnya terganggu.

Pengembangan dan Latihan: Coba gunakan “Blank Page” dan tulis jawaban pertanyaan berikut: Apa perbedaan “Page Break” dengan “Blank Page”?

4. Header & Footer dan Page Number

Sebelumnya, kita sudah sama-sama belajar membuat margin untuk setiap sisi dokumen mulai dari atas, bawah, kiri, dan kanan. Nah, khusus untuk bagian atas dan bawah, anda bisa mengisinya dengan suatu informasi jika anda menginginkannya. Biasanya kita menggunakan hal ini untuk nomor halaman misalnya. Bagaimana caranya?

Menggunakan Header Footer Word

Dengan menggunakan Header & Footer, anda bisa melakukan hal tersebut. Klik tab “Insert” (1) dan pilih antara header atau footer (2). Kemudian, pilih gaya yang anda inginkan (3). Hasilnya bisa anda lihat seperti gambar diatas (4). Dengan menggunakan Header & Footer, penulis bisa menambahkan nomor halaman dengan mudah. Ketika anda membuat halaman baru, tentu nomor halaman juga tertulis secara otomatis. Selain Header & Footer, anda juga bisa klik “Page Number” untuk nomor halaman yang lebih sederhana tampilannya.

Pengembangan dan Latihan: Coba masukkan tanggal atau gambar di Header & Footer.

5. Menambahkan gambar dan tabel beserta caption

Gambar dan tabel sangat penting agar tampilan dokumen anda lebih menarik dan tidak membosankan karena banyaknya paragraf. Selain gambar dan tabel, kita juga bisa memberikan caption atau deskripsi singkat mengenainya. Caption biasanya didahului dengan nomor terlebih dahulu. Misalnya adalah “Gambar 1. Windowsku” dan seterusnya. Tentu saja ketika anda menambah tabel atau gambar baru, nomornya akan bertambah secara otomatis.

a. Cara menambahkan gambar ke Microsoft Word

Menambahkan Gambar Ke Word

Caranya sangat mudah. Penulis biasanya tinggal klik dan geser gambar dari File Explorer ke Microsoft Word seperti animasi diatas. Atau, anda juga bisa mengklik tab “Insert” dan klik “Pictures” untuk memasukkan gambar.

b. Cara menambahkan tabel ke Microsoft Word

Cara Menambahkan Tabel Ke Word

Masih di tab “Insert” (1) dan klik saja “Table” (2) dan pilih ukuran yang sesuai kemauan anda (3). Jika anda ingin membuat tabel yang lebih besar lagi, anda bisa klik “Insert Table…” dan anda bisa tentukan berapa jumlah baris dan kolomnya.

Cara Membuat Caption Tabel Word

Untuk caption, penulis akan memberikan contoh di tabel. Anda juga bisa melakukan cara yang sama untuk gambar. Klik kanan saja pada icon 4 arah panah (langsung klik kanan pada gambar jika anda ingin menambahkan caption untuk gambar) dan klik “Insert Caption…”. Berikan label baru jika anda tidak menemukan yang cocok seperti animasi diatas dengan mengklik “New Label…”. Jika sudah, berikan nama label barunya dan klik OK. Klik OK sekali lagi untuk menambahkan caption.

Pengembangan dan Latihan: Secara bawaan, caption akan ditaruh di bawah gambar tabel. Coba ubah agar caption ditaruh di atas gambar atau tabel. Jangan cut & pasteitu adalah cara yang salah!

6. Menggunakan Style dan membuat Daftar Isi otomatis

Hasil Akhir Tampilan Style Heading

Style di Microsoft Word adalah tempat penyimpanan pengaturan tertentu yang bisa anda terapkan di beberapa elemen di dokumen anda seperti paragraf, gambar, dan lain-lain. Style penulis anggap sebagai fitur yang wajib anda terapkan, karena akan membuat dokumen anda terlihat konsisten dan anda tidak perlu mengubah pengaturan yang sama berulang-ulang.

Mengubah Pengaturan Style

Studi kasusnya seperti ini. Misalnya anda memiliki dokumen, dimana anda ingin membuat tulisan “Bab I”. Biasanya, orang akan membuat ini secara manual dengan mengetiknya dan mengubah ukuran font agar terlihat besar. Dan hal ini terus berulang untuk “Bab II” dan selanjutnya. Ini adalah cara yang salah!

Dengan Style, anda bisa membuat pengaturan tersebut terlebih dahulu dan menyimpannya. Ketika dibutuhkan, anda tinggal sekali klik saja style tersebut dan elemen seperti paragraf langsung mengikuti style yang telah anda buat, begitu mudah dan nyaman bukan? Anda bisa mempelajari Style di Microsoft Word di artikel dibawah ini.

https://windowsku.com/cara-menggunakan-style-pada-microsoft-word/embed/#?secret=JeaxacxLvt

Karena pentingnya penggunaan style, penulis sudah membuat artikelnya secara eksklusif yang bisa anda lihat diatas. Di artikel tersebut, anda bisa tahu bagaimana cara menggunakan style, membuat style baru, hingga membuat daftar isi otomatis dengan menggunakan style seperti gambar dibawah ini:

Hasil Daftar Isi Otomatis Microsoft Word

Pengembangan dan Latihan: Silahkan anda buat daftar gambar dan juga daftar tabel. Tentu hal ini juga otomatis. Caranya adalah klik tab “References” dan klik “Insert Table of Figures”.

7. Menambahkan Citation (Kutipan) dan Daftar Pustaka

Menurut KBBI, kutipan adalah pengambilalihan satu kalimat atau lebih dari karya tulisan lain untuk tujuan ilustrasi atau memperkokoh argumen dalam tulisan sendiri. Di Word, anda bisa menambahkan kutipan serta menulis kutipan tersebut sebagai daftar pustaka di halaman paling akhir dokumen.

Kutipan sangat penting karena tanpa adanya sumber kutipan, karya anda bisa dituntut oleh pemilik dokumen yang anda referensikan. Lebih amannya lagi jika anda meminta izin kepada pemilik dokumen karena anda mengambil kutipan di dokumen mereka.

Menambahkan Sumber Referensi Microsoft Word

Caranya sangat mudah untuk menambahkan sumber kutipan di Word. Klik dulu tempat dimana kutipan akan ditambahkan (1), kemudian klik tab “References” (2) dan klik “Insert Citation” (3) > “Add New Sources…”. Isi informasinya seperti gambar diatas. Pada bagian “Type of Source”, tentukan jenis referensi yang anda masukkan. Penulis disini menggunakan buku. Jika sudah, klik OK.

Menambahkan Daftar Pustaka Word

Jika anda sudah selesai menambahkan kutipan, sekarang saatnya menambahkan daftar pustaka dan semuanya bisa dibuat secara otomatis! Caranya adalah klik tab “References” (1) dan klik “Bibliography” (2). Kemudian, pilih jenis daftar pustaka yang ingin anda gunakan. Hasilnya bisa anda lihat di kotak merah pada gambar diatas. Tentu anda bisa mengubahnya lagi sesuka hati anda nantinya jika dirasa belum cocok.

Cara membuat daftar pustaka sudah saya buat sebelumnya secara eksklusif. Jika anda penasaran, ini dia artikel cara membuat daftar pustakanya.

Pengembangan dan Latihan: Pelajari bagaimana menambahkan catatan kaki untuk memberikan deskripsi lebih lanjut mengenai istilah yang anda pilih. Petunjuknya bisa anda lihat dibawah ini. Pelajari juga apa berbedaan “Footnote” dengan “Endnote”.

Catatan Kaki Footnote Word

8. Menambahkan Cover Page

Tidak mau repot membuat cover halaman depan? Tenang saja, karena Microsoft Word dapat membuatnya secara otomatis. Bagaimana caranya?

Membuat Cover Page Word

Caranya adalah klik tab “Insert” (1) dan klik “Cover Page” (2). Pilih desain yang anda suka (3) dan tampilan cover-nya bisa anda lihat seperti gambar diatas. Langkah selanjutnya, silahkan ganti judul atau subjudul dokumen anda.

Pengembangan dan Latihan: Hmm, penulis bingung mau kasih latihan apa untuk cover depan karena sudah terlalu mudah  . Mungkin coba anda gunakan cover halaman depan yang Online dengan mengklik “More Cover Pages from Office.com”.

9. Menggunakan Themes (Tema)

Di dalam Microsoft Word, sudah tersedia tema yang bisa anda gunakan untuk memberikan desain yang berbeda untuk dokumen anda. Tentu anda bisa menyesuaikannya dengan style yang anda buat.

Menggunakan Tema Di Word

Caranya sangat mudah. Klik tab “Design” (1) dan klik “Themes” (2). Pilih tema yang anda inginkan (3) dengan cara klik saja. Nanti tampilan dokumen anda berubah sesuai tema yang anda pilih seperti di kotak merah.

10. Menggunakan kotak pencarian untuk mencari tool yang akan anda gunakan dengan super cepat!

Banyak sekali orang yang mau menggunakan atau belajar Microsoft Word bingung untuk mengetahui menu atau tab mana yang harus kita klik untuk melakukan beberapa hal. Misal ketika anda ingin membuat dokumen dengan kolom yang terbagi dua. Kita bisa bingung sebenarnya pengaturan kolom di Word ada di posisi mana.

Menggunakan Kolom Pencarian Untuk Mencari Fitur Word

Anda tidak perlu bingung karena Word dan bahkan di aplikasi Office lainnya seperti Excel dan PowerPoint memiliki kotak pencarian yang bisa mencari fitur yang anda inginkan. Misalnya saja anda ingin menggunakan kolom di Word, cukup ketik “column” seperti animasi diatas dan Word akan memunculkan fitur tersebut. Sehingga, anda tidak perlu mengingat letak tombol “column” lagi di Word. Perlu diperhatikan bahwa fitur pencarian ini hanya ada di Office 2016 atau pelanggan yang menggunakan Office 365 saja.

Gunakan tombol shortcut keyboard ALT + Q untuk mengakses kotak pencarian dengan cepat!

Source: Windowsku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *